PKBM Atap Langit Bakal Pecahkan Rekor Muri

Anjar Sujatmiko    •    Minggu, 29 Oktober 2017 | 22:13 WIB
Lokal
Aktifitas warga belajar di PKBM Atap Langit Desa Air Mesu Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah.(wowbabel.com)
Aktifitas warga belajar di PKBM Atap Langit Desa Air Mesu Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah.(wowbabel.com)

WOWPANGKALANBARU -- Memiliki sebidang lahan kosong seluas kurang lebih tiga hektare, pasangan suami istri Poni Auri dan Indah menyulap tanah tersebut menjadi tempat belajar mengajar untuk masyarakat.

Sejak 2012 silam hingga sekarang, Poni Auri bersama sang istri merintis tempat belajar untuk masyarakat yang terletak di kawasan Desa Air Mesu Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang diberi nama Atap Langit, saat ini sudah menjadi sebuah yayasan.  Atap Langit tidak hanya dikenal kalangan masyarakat Pulau Bangka, namun hingga tingkat nasional.

Ketika ditemui disela-sela aktivitas PKBM Atap Langit, Indah selaku pengelola, menceritakan sedikit pengalamannya selama kurang lebih lima tahun merintis rumah belajar untuk masyarakat ini.

"Tanah ini merupakan pemberian orangtua, sebelum mendirikan PKBM. Saya dan suami juga ikut orang. Lalu berinisiatif mendirikan sendiri," tutur Indah.

Selama 5 tahun berjalan, keberadaan Atap Langit dirasa sangatlah penting mengingat selain bergerak dibidang sosial juga membantu masyarakat tidak mampu untuk memperoleh pendidikan belajar yang layak.

Pada Tahun Ajaran 2017 ini PKBM Atap Langit memiliki 68 warga belajar mulai dari tingkat SD, SMP, Hingga SLTA sederajat, tanpa ada sedikit pun pungutan biaya.

Kegiatan belajar mengajarnya, dilaksanakan satu kali dalam seminggu, biasanya pada Hari Jumat. Peserta warga belajar



1   2      3      

Topik