Jangan Takut di PHK, Sekarang Sudah Boleh Menikah Dengan Teman Satu Kantor

Muri_Setiawan    •    Kamis, 14 Desember 2017 | 17:03 WIB
Viral
Gedung MK. (net)
Gedung MK. (net)

WOWVIRAL - Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya membolehkan karyawan swasta dan BUMN, yang menikahi rekan kerja se-kantor. Pasal 153 ayat 1 UU No 13/2013 tentang ketenagakerjaan dinilai oleh hakim MK, bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak memiliki kekuatan hukum mengikat.

Sembilan orang hakim konstitusi menyidangkan perkara yang diajukan oleh 8 orang karyawan, diantaranya Jhoni Boetja, Edy Supriyanto Saputro, Airtas Asnawi, Syaiful, Amidi Susanto, Taufan, Muhammad Yunus, dan Yekti Kurniasih. Putusan itu tertuang dalam Amar Putusan MK nomor 13/PUU-XV/2017.

Para penggugat menggugat aturan perkawinan dengan teman sekantor yang diatur dalam Pasal 153 Ayat 1 huruf f UU Ketenagakerjaan.

“Pengusaha dilarang melakukan pemutusan hubungan kerja dengan alasan pekerja/buruh mempunyai pertalian darah dan/atau ikatan perkawinan dengan pekerja/buruh lainnya di dalam satu perusahaan, kecuali telah diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama,” demikian bunyi Pasal tersebut.

Para penggugat meminta agar Pasal 153 ayat 1 huruf f UU Ketenagakerjaan dibatalkan sepanjang frasa 'kecuali telah diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama'. 

"Mengadili, mengabulkan permohonan para pemohon untuk seluruhnya," ucap Ketua MK Arief Hidayat, saat memimpin sidang di gedung MK, di Jakarta, Kamis (14/12/2017) siang, seperti dilansir detikcom.

MK meny



1   2      3      4