Pasca Putusan MK, KPU Kota Siap Lakukan Verifikasi Faktual Parpol Lama

Anjar Sujatmiko    •    Jumat, 12 Januari 2018 | 11:47 WIB
Pilkada
Wahyu Gusna, Komisioner KPU Kota Pangkalpinang. (Dokpri/fb)
Wahyu Gusna, Komisioner KPU Kota Pangkalpinang. (Dokpri/fb)

WOWPOLITIK - Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan uji materi dalam Pasal 173 ayat (1) dan (3) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Dengan keputusan ini, maka parpol yang telah ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2014 tetap harus menjalani verifikasi faktual untuk lolos sebagai peserta Pemilu 2019.

Ketika dikonfirmasi, Komisioner KPU Kota Pangkalpinang Wahyu Gusna menuturkan pihaknya sampai saat ini masih menunggu petunjuk dari KPU RI terkait putusan MK tersebut.

"Kita menunggu petunjuk dari KPU RI, pada prinsipnya KPU Pangkalpinang akan melaksanakan seluruh tahapan dan keputusan yang dikeluarkan oleh KPU RI, karena sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kerja," ujarnya, Jumat (12/01/2018) kepada wowbabel.com

Lanjut wahyu, pihaknya siap untuk melaksanakan keputusan MK terkait harus menjalani verifikasi faktual untuk lolos sebagai peserta Pemilu 2019. Jika keputusan MK tersebut kemudian diturunkan KPU RI kepada KPU Kota. 

"Bagi KPU Pangkapinang selaku Teknis Penyelenggara di tingkat Kota tidak ada istilah keberatan atau tidak, karena setiap tahapan apapun bentuknya wajib dilaksanakan, maka siap kita laksanakan," tegasnya. 

Ia pun mengaku selama KPU kota Pangkalpinang melaksanakan verifikasi faktual ke partai politik yang baru tidak ada masalah berarti yang dihadapi.

"Tidak ada kendala yang berarti, Alhamdulillah semua proses berjalan



1   2