Ikut Kampanye ASN Wajib Cuti

Abeng    •    Selasa, 06 Februari 2018 | 11:40 WIB
Pilkada
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

WOWPOLITIK -- Menteri pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abrur menegaskan agar aparatur sipil negara (ASN) yang mendampingi suami atau isteri bertarung dalam Pilkada 2018 maupun Pileg 2019 untuk mengambil cuti di luar tanggungan negara.

Langkah ini untuk menjaga netralitas dan mencegah penggunaan fasilitas jabatan/Negara. Selain itu untuk mencegah adanya keputusan dan tindakan yang dapat menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

"Bagi ASN yang akan mendampingi suami atau istrinya berkampanye dalam Pilkada Serentak 2018 tersebut, Pileg 2019, dan Pilpres 2019, wajib mengambil cuti di Luar Tanggungan Negara," kata Asman dalam Surat Edaran (SE) Menteri PANRB Nomor B/36/M.SM.00.00/2018 tertanggal 2 Februari 2018, Bagi ASN dimaksud yang akan mendampingi suami/istrinya dalam Pilkada maupun Pileg tidak mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud, akan dijatuhkan sanksi sesuai dengan peraturan.

Tembusan surat tersebut disampaikan kepada Presiden, Wakil Prediden, Mendagri, Kepala BKN, Ketua KASN, Ketua KPU, serta Ketua Bawaslu. Tak saja ASN, ketentuan dalam Surat Edaran Menteri PANRB Nomor B/36/M.SM.00.00/2018 ditujukan kepada para Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, para Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), para Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara, para Pimpinan Lembaga Non Struktural, para Gubernur, dan para Bupati/Wali kota.

Dalam SE itu disebutkan, bagi ASN yang



1   2