AirNav Indonesia Bangun Tower ATC Senilai Rp 36,8 M

Endi    •    Selasa, 13 Februari 2018 | 14:27 WIB
Lokal
Tower air traffic controller (ATC) yang dibangun AirNav.(dag)
Tower air traffic controller (ATC) yang dibangun AirNav.(dag)

WOWPANGKALPINANG --  Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia Cabang Pangkalpinang, Bangka Belitung menggelontorkan dana sekitar Rp 36,8 miliar untuk pembuatan tower air traffic controller (ATC) di Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

Menara institusi pemandu lalu lintas udara atau tower ATC tersebut, dibangun setinggi 34 meter dengan delapan lantai dan terletak tak jauh dari tower utama lama yang dibuat pada 1975.

General Manager AirNav Indonesia Cabang Pratama Pangkalpinang, Agus Istiarno mengatakan pembuatan tower ATC dimulai Juli 2016 sampai November 2017 dengan dana Rp 36,8 miliar.

Menurutnya, pembangunannya untuk meningkatkan fasilitas seperti alat navigasi bandara, kenyamanan karyawan, dan masyarakat.

"Secara umum tower ATC memiliki sangat peran vital dalam jasa penerbangan. Karena seperti kita tau tupoksinya tower ATC sangat penting dalam setiap penerbangan di seluruh Indonesia," kata Agus, saat Konferensi Pers di Gedung Tower ATC, Bandara Pangkalpinang, Bangka Belitung, Senin (12/2/2018).

Dia menjelaskan, dulu AirNav Indonesia Pangkalpinang memiliki menara tower buatan tahun 1975, yang saat itu panjang landasan pacu (runway) hanya sepanjang 1.800 meter. Tetapi, kini melalui otoritas bandara yaitu Angkasa Pura II telah memperpanjang runway bandara tersebut menjadi 2.250 meter.

Maka dari itu, kata Agus, AirNav Indonesia Pangkalpinang, Babel ingin meningkatkan



1   2      3