Pemilu Berintegritas Perlu Komitmen Keterbukaan Informasi

Anjar Sujatmiko    •    Sabtu, 17 Maret 2018 | 15:01 WIB
Pilkada
Komisioner KID dan KPU Babel.
Komisioner KID dan KPU Babel.

WOWPANGKALPINANG – Komisi Informasi Daerah (KID) Bangka Belitung, Sabtu (17/3/2018), melakukan Kunjungan kerja ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Babel.

Agenda kunjungan ini dalam rangka upaya menyamakan persepsi bahwa keterbukaan informasi adalah elemen penting dalam menentukan kualitas Pemilukada dan Pemilu 2019 mendatang. Hal ini dikatakan Ketua KID Babel Syawaludin, dikutip dari lama Facebooknya.

“Kita ingin ada persamaan persepsi antara KID dan KPU bahwa keterbukaan informasi adalah elemen penting dalam menentukan kualitas Pemilukada dan Pemilu 2019,” ujarnya.

Kunjungan KID ini dihadiri seluruh anggota komisioner dan diterima langsung oleh Ketua KPU Babel Fahrurozi.

Didalam pertemuan tersebut, ada lima poin yang disampaikan oleh KID Babel ke KPU Babel. Tentunya terkait komitmen KPU terhadap keterbukaan informasi publik dalam rangka pelaksanaan pemilukada, pemilu legislatif dan pemilu presiden dan wakil presiden.

“Perlu ada komitmen terhadap keterbukaan Informasi Publik, sehingga dalam penyelengaraan baik Pemilukada dan Pemilu 2019 mendatang dapat terselenggara secara berintegritas,” katanya.

Tidak hanya itu saja, Syawal pun meminta kepada pihak KPU Babel untuk berkomitmen atas hak masyarakat terhadap informasi publik yang menyangkut proses pelaksanaan tahapan pilkada, hak masyarakat terhadap informasi calon baik menyangkut visi misi program, rekam jejak calon, pelaksanaan kampanye.

Selain itu, KPU j



1   2