Ini Sejarah Hari Konsumen Nasional

Tim Wow    •    Jumat, 20 April 2018 | 11:23 WIB
Ekonomi
ilustrasi
ilustrasi

WOWBISNIS - Bangsa Indonesia setiap tanggal 20 April memperingati Hari Konsumen Nasional (HARKONAS). Bagi sebagian kalangan terutama pelaku bisnis, sudah tak asing lagi dengan peringatan Harkonas ini. Namun, sebagian masyarakat di Tanah Air tidak sepenuhnya memahami sejarah kemunculan Harkonas.

Mengutip dari laman harkonas.id, Harkonas dilatar belakangi persoalan perlindungan terhadap konsumen di Indonesia yang belum dapat diselesaikan secara efektif dan efisien.

Kasus sengketa konsumen yang belum juga tuntas, dan belum lagi berbagai permasalahan yang tidak terlaporkan oleh karena konsumen tidak mengetahui hak dan kewajibannya, membuat betapa pentingnya perlindungan kepada konsumen.

“Negara berperan penting dalam hal pemberdayaan konsumen karena pihak konsumen seringnya menjadi pihak yang lemah sehingga tidak mampu untuk memperjuangkan kepentingannya. Lebih lanjut, pelaku usaha pada dasarnya berpijak pada prinsip mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin dengan biaya seminim mungkin sehingga berpotensi merugikan konsumen, baik langsung maupun tidak langsung”.

Sejarah Harkonas lahir dari Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang ditetapkan pada 20 April 1999 dengan tujuan untuk mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata materiil dan spiritual dalam era demokrasi ekonomi berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Menimbang pada UU Perlindungan Konsumen tersebut, dit



1   2      3      4