Diduga Tak Berikan CSR, Dua Perusahaan Sawit Digeruduk Massa

Dani    •    Kamis, 07 Juni 2018 | 21:17 WIB
Lokal
Aksi demo ribuan warga di perkebunan sawit milik PT BPL dan PT LWI.
Aksi demo ribuan warga di perkebunan sawit milik PT BPL dan PT LWI.

WOWMUNTOK – Ribuan warga di Bangka Barat, Rabu (6/6/2018) menggelar aksi demo di lahan perkebunan kelapa sawit milik PT Bumi Permai Lestari (BPL) dan PT Leadong West Indonesia (LWI).

Ribuan warga dari 12 desa yang berada di tiga kecamatan di Bangka Barat ini menuntut agar pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit mengucurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) serta merealisasikan program plasma.

Ketua Forum Rembuk Tiga Kecamatan, Susiyadi, mengungkapkan ada enam tuntutan warga yakni pembayaran dana CSR yagn selama 27 tahun hanya baru dibayar satu kali. Warga juga menuntut agar program plasma segera direalisasikan.

“Selain itu wara juga minta  ketenaga kerjaan  diutamakan  tenaga kerja lokal, warga setempat, “  kata Susiyadi.

Lebih lanjut Susiyadi mengungkapkan warga juga meminta agar lahan milik perusahaan diukur ulang, lantaran sejak tahun 1995 hingga 2018 sudah terjadi beberapa kali perluasan hak guna usaha (HGU) milik perusahaan.

Lantaran tidak menemui kesepakatan dengan pihak perusahaan, maka warga mengadu ke Pemkab Bangka Barat. Pihak Pemkab Bangka Barat pun memanggil perwakilan perusahaan. Namun pertemuan yang dipimpin Sekda Bangka Barat Yunan Helmi juga tidak menemukan titik terang . Perusahaan tetap tidak akan mengucurkan dana CSR dan akan merealisasikan program plasma.

“Tidak adanya kesepakatan antara masyarakat dan pihak perusahaan perkebunan sawit,    pemerintah daerah  akan mempertemukan  pemilik perusaha



1   2