Waktu Pendaftaran Caleg Mepet, Ketua Garuda Babel Pertanyakan Keseriusan KPU

Anjar Sujatmiko    •    Sabtu, 07 Juli 2018 | 15:09 WIB
Pilkada
Ketua DPD Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) Bangka Belitung Hangga OF.(ist)
Ketua DPD Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) Bangka Belitung Hangga OF.(ist)

WOWPOLITIK -- Ketua DPD Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) Bangka Belitung Hangga OF mengeluhkan mepetnya waktu yang diberikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memenuhi syarat calon anggota legislatif yang akan bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang.

Pasalnya, sebanyak 12 syarat harus dipenuhi para bakal calon anggota legislatif dengan waktu selama kurang lebih 14 hari.

"Waktunya mepet, ada 12 syarat harus dipenuhi, sementara waktu yang diberikan 14 hari. Ini mustahil bisa selesai," ujar Hangga.

Hangga mengandaikan jika dalam satu parpol terdapat lima puluh calon anggota legislatif, maka akan ada ratusan calon legislatif yang mengurus berkas administrasi tersebut dalam satu instansi sama.

"Logikanya apakah selesai dalam satu hari buat satu syarat aja. Contoh saja surat keterangan sehat, itu harus dibuat di rumah sakit yang terakreditasi. Sedangkan kita hanya punya satu rumah sakit terakreditasi yakni rumah sakit Soekarno. Nah bagaimana nasib kawan-kawan yang ada di Belitung, Bangka Selatan yang butuh waktu tempuh berjam-jam ke rumah sakit itu," Papar Hangga.

Tentunya menurut Hangga perlu ada sinergi antara KPU dengan pihak terkait agar dalam penyusunan administrasi, para calon legislatif yang akan bertarung di Pileg 2019 mendapatkan kemudahan dalam menyelesaikan berkas persyaratan tersebut.

"Perlu ada sinergi antara Instasi terkait, ini malahan dicampur dengan unsur umum. Sehingga p



1   2