Ribuan Warga Segel Dua Pabrik Sawit

Dani    •    Rabu, 25 Juli 2018 | 00:04 WIB
Lokal
Ribuan warga di Kecamatan Kelapa menggelar unjuk rasa di depan PT BPL dan PT LWI.(ham)
Ribuan warga di Kecamatan Kelapa menggelar unjuk rasa di depan PT BPL dan PT LWI.(ham)

WOWKELAPA --  Ribuan warga dari 12 desa di Kecamatan Kelapa, Selasa (24/7/2018) mengelar aksi unjuk rasa terhadap dua pabrik pengelolaan sawit, yakni PT Bumi Permai Lestari (BPL) dan PT Ledong West Indonesia (LWI).

Aksi ribuan warga ini dipicu lantaran dua perusahaan tersebut tidak juga mengucurkan dana CSR mereka serta tidak melaksanakan sistem plasma yang merupakan tanggung jawab perusahaan.

Ribuan warga ini langsung merangsak ke depan perusahaan dan menyegel pintuk masuk pabrik dan meminta agar perusahaan segera menghentikan operasionalnya.

Ketua Forum Rembuk 12 Desa, Susiadi, mengungkapkan, aksi digelar warga lantaran sudah bosan dan kesal dengan janji-janji perusahaan yang tidak juga direalisasikan.

“Sebelumnya  perusahaan berjanji akan  menunaikan  CSR dan program  plasma  kepada masyarakat.  Namun  hingga saat ini belum juga terlaksana     sejak berdirinya  dua  perusahaan  perkebunan  tersebut pada tahun  2004 silam. Adapun bentuk  CSR yang di berikan  hanya satu kali,  yaitu pada  tahun 2010,  itupun  tidak  seberapa,” ungkap Susiadi.

Susiadi menambahkan warga akan terus menggelar aksi demo, bahkan dengan massa yang lebih besar jika tuntutan mereka tidak dipenuhi pihak perusahaan.

Aksi demo ini berlangsung di dua perusahaan sawit yang terletak di Desa Kacung dan Desa Terentang Kecamatan Kelapa. Ribuan warga bertahan dari pagi hingga sore hari di depan perusahaan sawit tersebut.

Kendati melibatkan massa yang cukup



1   2