Dinas Dukcapil Diimbau Tidak Lakukan Pungli

Dani    •    Jumat, 27 Juli 2018 | 16:14 WIB
Lokal
Acara Penyuluhan  Saber Pungli di Kantor Dinas Kependudukan dan  Catatan Sipil Bangka Barat.(ham)
Acara Penyuluhan Saber Pungli di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bangka Barat.(ham)

WOWMUNTOK – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bangka Barat diimbau untuk tidak melakukan pungutan liar (pungli) terkait pelayanan publik terhadap masyarakat, seperti pengurusan akta kelahiran, kartu keluarga, surat keterangan pindah jiwa dan sebagainya.

Hal tersebut disampaikan Kasat Binmas Polres Bangka Barat Iptu Joko Murtono, dalam acara Penyuluhan Sapu Bersih (Saber) Pungli di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bangka Barat, Kamis (26/7/2018) kemarin.

Kegiatan pembinaan dan penyuluhan cegah aksi pungli ini dihadiri oleh Sekdin Dukcapil Bangka Barat, Kasie Data Dukcapil Bangka Barat serta pegawai dinas setempat.

Adapun beberapa materi yang disampaikan pada kegiatan ini meliputi, tentang macam-macam pungutan liar yang kemungkinan terjadi di dinas kependudukan dan catatan sipil.

Kasat Binmas Polres bangka Barat Iptu Joko Murtono seizin Kapolres Bangka Barat menjelaskankegiatan tersebut guna untuk mengantisipasi terjadinya pungutan kiar di kelurahan dan desa agar masyarakat merasa nyaman dengan pelayanan pemerintah tanpa adanya pungutan liar.

“Kami sangat apresiasi lantaran pihak dukcapil memberikan respon yang sangat positif untuk menggalakan Cegah Saber Pungli,” kata Iptu Joko.(ham)