Kerajaan Balok dan Buding Masuk JKPI

Jurnalis_Warga    •    Sabtu, 27 Oktober 2018 | 09:47 WIB
Nasional
Beripat tampil di panggung kehormatan.(ist)
Beripat tampil di panggung kehormatan.(ist)

WOWSURAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Belitung Timur antusias  mengikuti rangkaian acara  HUT Satu Dasawarsa Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) tanggal 24-26 Oktober 2018  di Kota Surakarta. Hal ini terkait dengan masuknya Kerajaan Balok dan Buding dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia. 

 “Kabupaten Belitung Timur bergabung dengan JKPI karena kita memiliki cagar Budaya, dan ini prosesenya lama” ujar Bupati Belitung Timur, di temui usai menghadiri Simposium Managing Heritage, Kamis (25/10) yang juga termasuk dalam rangkaian acara Satu Dasawarsa JKPI. 

“Cagar Budaya yang kita punya adalah Kerajaan Balok dan Kerajaan Buding” menurut Yuslih proses penelitian tentang dua kerajaan ini lumayan lama hingga akhirnya diakui oleh JKPI dan Kabupaten Belitung Timur termasuk dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia.

“Sebagai anggota kita harus ikut meramaikannya, ini juga untuk  untuk menunjang pariwisata Belitung Timur” jelasnya.   Sebelum melanjutkan rangkaian kegiatan Yuslih juga menerangkan bahwa Kabupaten Belitung Timur akan terus aktif dalam kegiatan JKPI. 

“Besok kita ada kongres, nah disitu kita akan tahu dimana lagi kegiatan selanjutnya akan di adakan,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur Evi Nardi mengatakan terkait masuknya Kerajaan Balok dan Buding sebagai Cagar Budaya, pihaknya masih melakukan pembenahan terhadap situs itu.

"Ini akan kita kelola dengan baik cagar-cagar Budaya yang ada di Belitu



1   2