Toboali Tempo Doeloe : Cerita Soekarno, Sabang Jaya dan Tob's Band

Tim_Wow    •    Sabtu, 17 November 2018 | 20:49 WIB
Travel
Foto Soekarno dan Prof Dr Soemitro saat di Bangka Selatan. (Ist)
Foto Soekarno dan Prof Dr Soemitro saat di Bangka Selatan. (Ist)

WOWTRAVEL - Presiden Soekarno saat menjalani pengasingan di Pulau Bangka sempat  menjejakkan kaki di Toboali kabupaten Bangka Selatan.

Di Wisma Samudra (dulu rumah controllier dan asisten wedana) Soekarno beristirahat sekaligus menggelar  pertemuan  dengan  pejabat lokal. 

Salah satu foto  kenangan itu terpajang pada pameran Toboali  Tempo  Doeloe. Ada foto tokoh nasional lainnya Prof Dr Soemitro, begawan ekonomi menteri era Orba (orde baru) dan Orla (orde lana) menghadiri acara PSSI  yang menggelar pertandingan persahabatan para veteran.

"Cerita dari orang tua saya, ketika Presiden Soekarno saat ke Toboali  bersama tokoh perjuangan selama menjalani pengasingan disambut  antusias warga. Sepanjang jalan menuju  Toboali  warga  berjejal," kata Justiar Noer, Bupati Bangka Selatan, Sabtu (17/11/2018).

 


Soekarno  melambaikan tangan  setiap  bertemu kerumunan warga. Di Wisma  Samudera Soekarno  melakukan pertemuan  dengan pejabat lokal  maupun  perusahan tambang timah di bawah Banka  Ton Winning. Dari pelataran wisma yang juga kantor sesama itu Soekarno  bertemu dengan  warga sambil  tersenyum. 

"Foto  ini  memiliki  kesan  berarti  bagi  masyarakat," tukas Justiar.

Ada sejumlah foto masa lalu lainnya, seperti armada angkutan perusahaan lokal PO Sabang  Jaya dan biduan Band Legendaris Tob's asal Sabang.

"Saya  juga baru  tahu  kalau  banyak toko



1   2