Suryaningsih Berharap Tahun Depan Bisa Ikut Plesir

Jurnalis_Warga    •    Senin, 26 November 2018 | 08:56 WIB
Nasional
Pagelaran Seni Lintas Budaya
Pagelaran Seni Lintas Budaya "Plesir" yang digelar di Pantai Batu Rakit, Muntok, Bangka Barat.(ist)

WOWMUNTOK -- Usai sudah Pagelaran Seni Lintas Budaya yang bertajuk Plesir, Minggu (25/11/2019) di Pantai Batu Rakit Muntok. Selama 2 hari (24-25 November 2018) segenap tenaga dan pikiran telah disuguhkan untuk kegiatan tersebut.

Berbagai pertunjukan telah disodorkan kepada semua, mulai dari tarian, musik tradisional, suling, dambus, sape', barongsai hingga permainan tradisonal lokal. Sajian kesenian tradisional lintas nusantara; Bekasi, Kalimantan, Palembang, Belitung, Lampung, dan lainnya menghiasi Pagelaran Seni Lintas Budaya Bangka Barat tahun 2018.
Untaian kata terimakasih diberikan kepada para pelaku seni, penikmat seni, dan pecinta seni, khususnya kesenian tradisional dan permainan tradisonal. Tanpa mereka semua kegiatan ini apalah artinya bagi kami, terang Suseno, selaku Kabid Kebudayaan.

"Kita berharap sajian yang kita berikan ini menjadi nilai atau arti penting bagi masyarakat di Kota Muntok khususnya dan Indonesia umumnya dalam menikmati seni. Sebagaimana anggapan bahwa kesenian tradisional yang dianggap usang tetapi masih bisa dinikmati jika dikemas dengan gaya kekinian. Seperti permainan suling, dahulu di setiap kampung orang-orang sering memainkannya, dan akhirnya hilang secara perlahan. Tapi kini, ternyata suling masih asyik untuk dinikmati dengan sajian modern", ungkap Suseno.

Hal serupa juga diungkapkan oleh peserta pagelaran dari Srijayabasa Palembang yang dikomandoi oleh Suryaningsih. Apresiasi yang luar biasa atas



1   2