Ekspor Timah Terhenti, BKDI Tak Puas dengan Bappebti

Tim_Wow    •    Kamis, 29 November 2018 | 17:34 WIB
Ekonomi
ilustrasi
ilustrasi

WOWBISNIS--Perdagangan timah batangan di Bursa Derivatif Komoditi Indonesia (BKDI) atau ICDX terhenti sejak pertengahan Oktober 2018. Dampakanya 24 industri smelter tidak dapat mengekspor timah batangan. Kerugian devisa negara  terhentinya ekspor ini mencapai Rp2 triliun/bulan.

Komisaris Utama Bursa Derivatif Komoditi Indonesia (BKDI) Said Aqil Siraj mengatakan bahwa kerugian pada penerimaan devisa negara yang bisa dihasilkan dari terhentinya perdagangan timah atas kasus tersebut bisa mencapai Rp 2 triliun per bulan.

“Hal itu membuat kegiatan ekspor timah Indonesia terganggu, penurunan devisa negara juga, belum lagi reputasi pemerintah dan BKDI dalam perdagangan timah dunia bisa hancur, dan kepercayaan industri timah internasional pada Indonesia hilang,” ungkap Said Aqil pada Konferensi Internasional Timah di Jakarta, Selasa (27/11).

Said Aqil mengatakan jika masalah ini telah disampikan BKDI kepada Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), akan tetapi hingga saat ini pihak BKDI merasa belum mendapat solusi yang memuaskan.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Bappebti Indrasari Wisni Wardhana dikutip dari bisnis.com , Kamis (29/11/2018) mengatakan akan menyerahkan penyelesaian kasus itu pada penyidik dan pihak berwenang. Bappebti merasa telah memberikan solusi agar industri timah menggunakan lembaga surveyor lain agar proses perdagangan timah bisa te



1   2      3