Ekspor Terhenti, Ekonomi Seakan Mati Suri (2)

Tim_Wow    •    Selasa, 25 Desember 2018 | 09:43 WIB
Opini
Data BPS Bangka Belitung
Data BPS Bangka Belitung

DI tengah  gegap gempita ekspor timah Babel mulai Mei-September 2018 ekonomi Babel melejit. Angka pertumbuhan memasuki kuartal III 2018 melampaui pertumbuhan ekonomi Sumatera. Memasuki bulan Oktober tiba-tiba ekspor timah terhenti.

Kepala Bank Indonesia KP Bangka Belitung, Tantan Heroika, mengatakan terdapat empat sektor lapangan usaha di Babel yang tumbuh dan memberikan andil pada triwulan III 2018 diantaranya sektor industri pengolahan, sektor pertanian, sektor pertambangan, sektor perdagangan besar dan eceran.

“Capaian ini menunjukan ketahanan perekonomian di Bangka Belitung cukup kuat ditengah ketidakpastian ekonomi global dan belum menggembiranya harga komoditas Bangka Belitung," ujar Tantan. 

Oleh sebab itu, BI melihat pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV 2018 diperkirakan akan meningkat dan akan mendukung pencapaian pertumbuhan ekonomi tahun 2018. Saat itu,  kinerja pertambangan dan industri pengolahan berbasis timah diperkirakan akan cukup baik seiring dengan stabilnya harga timah dan tingginya permintaan ekspor untuk timah olahan.

Namun perkiraan Tantan ini seakan sirna. Pertengahan Oktober 2018, kepolisian mengambil tindakan tegas terhadap kegiatan penambangan yang diduga ilegal oleh satu perusahan smelter timah sekaligus eksportir. Masalah ini merembet ke eksportir lainnya. Bahkan Bursa Komoditas & Derivatif Indonesia ( ICDX ) pada Oktober menghen



1   2      3      4