Makanan Bawaan Penumpang Asal Singapura Dimusnahkan

Tim_Wow    •    Rabu, 26 Desember 2018 | 15:09 WIB
Viral
ilustrasi
ilustrasi

WOWBELITUNG - Kantor Wilayah Kerja Bandara H.A.S Hanandjoeddin, Tanjungpandan, Belitung melakukan pemusnahan terhadap barang tentengan penumpang tanpa dokumen dari luar negeri. Makanan yang dimusnahkan berasal dari tentengan penumpang pesawat penerbagan dari Singapura.

Produk olahan dan buah yang dimusnahkan berupa sosis, olahan daging babi, dendeng sapi, dan chicken cocktail, buah mangga, kesemek, pisang, langsat, palm, lemon dan delima. Komoditas pertanian tersebut dibawa oleh penumpang pada penerbangan internasional dari Singapura.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan, Bab II pasal 5 setiap Media Pembawa HPHK atau OPTK yang dimasukkan ke dalam wilayah negara Republik Indonesia wajib dilengkapi sertifikat kesehatan dari negara asal dan negara transit bagi hewan, bahan asal hewan, ikan, tumbuhan dari bagian-bagian tumbuhan kecuali media pembawa yang tergolong benda lain. Komoditas yang dimusnahkan ini tidak dilengkapi sertifikat kesehatan dari negara asalnya.

“Semuanya barang bawaan penumpang penerbangan reguler Tanjungpandan-Singapura berupa daging babi olahan, daging ayam olahan dan daging sapi olahan serta buah-buahan yang tidak dilengkapi dokumen karantina dari negara asal," ujar Kasi Karantina Hewan Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang Drh Akhir Santoso dalam siaran persnya.

Dia mengatakan pih



1   2      3