Keluar Dari Partai, Nama Caleg Bisa Dicoret dari DCT

HendriDede    •    Kamis, 17 Januari 2019 | 10:01 WIB
Pilkada
Ketua KPU Bangka Belitung (Babel), Davitri.(dag/wb)
Ketua KPU Bangka Belitung (Babel), Davitri.(dag/wb)

PANGKALPINANG,Wowbabel.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menegaskan nama calon anggota legislatif (caleg) yang sudah masuk daftar calon tetap (DCT) bisa dicoret, jika yang bersangkutan telah diberhentikan oleh partai politik.

Hal ini dikatakan Ketua KPU Babel Davitri, terkait adanya sejumlah calon anggota legislatif (caleg) yang telah diterima sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Babel.

Menurutnya, hal tersebut bisa dilakukan jika yang bersangkutan telah diberhentikan oleh partai politik, maka pihak KPU akan melakukan pencoretan dari daftar tetap. Namun, KPU akan melakukan klarifikasi terlebih dahulu kepada yang bersangkutan dan parpol secara resmi.

"Dia akan kita coret dengan alasan tertentu. Misalnya, yang bersangkutan tersandung masalah hukum, dan sudah memiliki kekuatan hukum yang tetap dari pengadilan, meninggal dunia ataupun dia diberhentikan oleh partai politiknya. Namun kita tidak bisa melakukan pencoretan serta merta, apabila tidak ada klarifikasi,"kata Davitri saat dikonfirmasi, Rabu (16/1/2019).

Sebelumnya, Davitri mengatakan informasi yang didapatkan oleh KPU bahwa ada tiga caleg telah mengundurkan diri lantaran yang bersangkutan telah lulus dalam seleksi penerima calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Babel.

"Dari sejauh ini informasi yang kita dapatkan ada beberapa orang caleg yang lulus tes CPNS. Bedasarkan informasi yang kita dapatkan dari kawan kawan ada 3 caleg diantaranya,



1   2