Kreativitas Pembelajaran di Alam Terbuka

Jurnalis_Warga    •    Kamis, 17 Januari 2019 | 23:38 WIB
Opini
ilustrasi
ilustrasi

SISTEM pendidikan merupakan hal yang fundamental dalam kehidupan manusia. Ketika pendidikan salah mengarahkan, maka produknya adalah manusia-manusia yang mungkin dapat merusak peradaban. Oleh karena itu, sistem pendidikan yang baik merupakan suatu keharusan.

Sangat disayangkan bahwa Indonesia belum bisa mewujudkan sistem pendidikan yang baik tersebut. Sistem pendidikan, dan pendidik sendiri, terbelenggu oleh pakem bahwa penyelesaian suatu masalah itu selalu hanya ada satu: 1+1 selalu bernilai 2  bahwa menggambar itu harus dua gunung dengan matahari, jalan sawah, dan awan, dan bahwa sajak itu harus memiliki rima. Di satu sisi, orang Indonesia mampu menjadi peniru dan penghapal yang baik, tetapi di sisi lain ini akan mematikan kreativitas.

Kelli Cooper mencoba memberikan beberapa contoh pendidikan kreatif pada anak yang dapat menanggulangi itu semua. Dengan membebaskan anak-anak dalam berpikir dan berimajinasi dalam permainan, kreativitas pun dapat terasah. Beberapa contoh permainan yang dapat digunakan dalam kelas dan diluar kelas antara lain: permainan kata, berpikir visual, mengukur benda dan menggambar yang ada di sekitar kita.

Dalam permainan kata, pendidik akan meminta peserta didik untuk mencari kata-kata yang berhubungan, baik dari kata yang diberikan pendidik, maupun yang diberikan oleh peserta didik lainnya. Saat bermain berpikir visual, peserta didik akan diberikan gambar abstrak untuk kemudian diminta pendapatnya tentang



1   2      3      4