Usai Dilantik, 55 Relawan Demokrasi Langsung Ikuti Bimtek

HendriDede    •    Minggu, 27 Januari 2019 | 23:43 WIB
Pilkada
Pelantikan Relawlan Demokrasi yang dilakukan KPU Kota Pangkalpinang, Sabtu (26/1/2019) di Santika Hotel, Pangkalanbaru, Bangka Tengah.(ist)
Pelantikan Relawlan Demokrasi yang dilakukan KPU Kota Pangkalpinang, Sabtu (26/1/2019) di Santika Hotel, Pangkalanbaru, Bangka Tengah.(ist)

Partisipasi itu penting karena tanpa partisipasi pemilu hanyalah sebuah ironi, pemilu yang tanpa makna

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang, Sabtu (26/1/2019) lalu melantik 55 orang relawan demokrasi di Hotel Santika, Pangkalanbaru, Bangka Tengah.

Usai dilantik para relawan demokrasi ini langsung mengikuti bimbingan teknis (bimtek) agar mereka lebih paham tugas dan fungsi relawan demokrasi.

"Dari 55 relawan ini kita bagikan 10 basis dengan masa kerja dari bulan Februari sampai dengan April, tiga bulan masa kerja. Nantinya relawan ini akan kita turunkan di lapangan, mereka akan membuat pemetaan terkait dengan rencana kegiatan sosialisasi mereka dilapangan," terang Ruslan, Komisioner Divisi Parmas dan SDM, KPU Kota Pangkalpinang, 

Ruslan menjelaskan, bimbingan teknis tersebut terkait materi apa saja yang akan mereka sampaikan di lapangan, diantaranya kepada komunitas tentang pemilu. Relawan akan menjelaskan pentingnya pemilu dan juga demokrasi, kenapa demokrasi itu perlu dan harus dijalankan.

"Nah, nanti itu yang akan mereka sampaikan di lapangan mulai dari persoalan daftar pemilih dalam pemilu, teknis, penyampaian terkait dengan hari, tanggal, bulan dan tahun tentang pelaksanaan pemilu serentak 2019,"tutur Ruslan.

Ruslan menambahkan, tujuan dibentuknya relawan demokrasi untuk meningkatkan kualitas proses pemilu, me



1   2