Puncak Musim Hujan Diperkirakan Hingga Akhir Februari

Tim_Wow    •    Sabtu, 09 Februari 2019 | 14:45 WIB
Lokal
Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji (dok)
Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji (dok)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Badan Meteorologi  Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, memprediksi, musim penghujan di wilayah Kepulauan Bangka Belitung, berlangsung hingga akhir bulan Maret nanti.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji mengatakan, saat ini sedang memasuki puncak musim penghujan.

"Musim penghujan diprakirakan masih akan berlangsung hingga akhir bulan Maret. Namun puncak musim penghujan di Babel umumnya brlangsung dari Januari minggu ke 3 hingga Februari minggu ke 2, dengan demikian dapat dikatakan saat ini kita memang berada pada fase puncak musim penghujan," jelas Kurniaji, Sabtu (9/2/2019).

Pada fase ini, kata Kurniaji, berbagai  itensitas hujan berfariasi, dan kemungkinan esktrim bisa saja terjadi.

"Pada periode puncak seperti, jelas potensi hujan yang akan terjadi adalah hujan sedang sampai dengan lebat, bahkan esktrim jika semua kondisi atau faktor yangg mendukung terpenuhi," terangnya.

Untuk itu BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat dan angin kencang yang akan semakin sering terjadi pada puncak musim peghujan seperti saat ini, terutama saat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

"Bagi kelompok masyarakat pesisir dan para nelayan harap mewaspadai potensi gelombang tinggi dengan ketinggian satu hingga dua meter," katanya.

 Menurutnya, potensi gelombang tinggi dapat terjadi di be



1   2