Telan Dana Rp 1,4 Miliar, Monumen GMT Besok Diresmikan

Dede    •    Senin, 11 Februari 2019 | 15:08 WIB
Lokal
Monumen Gerhana Matahari Total (GMT) di Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih Kecamatan Tukak Sadai besok akan diresmikan oleh Bupati Bangka Selatan Justiar Noer.(rom/wb)
Monumen Gerhana Matahari Total (GMT) di Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih Kecamatan Tukak Sadai besok akan diresmikan oleh Bupati Bangka Selatan Justiar Noer.(rom/wb)

TOBOALI,www.wowbabel.com – Dinas Pariwisata Bangka Selatan akan meresmikan monumen Gerhana Matahari Total (GMT) yang dibangun di Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih Kecamatan Tukak Sadai.

Monumen yang menghabiskan dana  Rp 1,4 miliar dari APBD Tahun 2018 ini rencananya akan diresmikan langsung oleh Bupati Bangka Selatan H Justiar Noer pada tanggal 12 Februari 2019 sekitar pukul 09.00 WIB.

Pemkab Bangka Selatan berinisiatif membangun monumen ini sebagai pengingat peristiwa langka yakni Gerhana Matahari Total yang bisa disaksikan langsung dengan jelas di Bangka Selatan, tepatnya di Pantai Tanjung Kerasak.

"Monumen ini tidak sekedar menjadi bangunan atau tugu serimonial saja akan tetapi dapat menjadi tempat bagi para pengunjung mempelajari Peristiwa Gerhana Matahari Total. Ke depannya fungsi monumen juga dikembangkan sebagai museum dan memorabilia peristiwa GMT,” ungkap Zulaika, Kepala Seksi Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Basel kepada wowbabel.com, Senin (11/2/2019).

Zulaika menambahkan, monumen  GMT dibangun Pantai Tanjung Kerasak menjadi salah satu titik lokasi pengamatan  Gerhana Matahari Total di Bangka Belitung.

“Rencananya akan diresmikan Pak Bupati langsung, sekaligus merayakan Hari Jadi Kabupaten Bangka Selatan di Kecamatan Tukak Sadai,” tugas Zulaika.(rom/wb)