Pemkab Basel Cabut Perda Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan

Tim_Wow    •    Rabu, 13 Februari 2019 | 16:00 WIB
Lokal
Eddy Supriyadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan. (as/ wowbabel)
Eddy Supriyadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan. (as/ wowbabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Bangka Belitung(Babel) mencabut Peraturan Daerah (Perda) Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan. Perda tersebut digantikan dengan Perda yang baru.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Eddy Supriyadi mengatakan, pencabutan Perda penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan yang lama dikarenakan perda lama dinilai tidak relevan lagi.

"Perda lama tentang penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan sudah tidak relevan lagi, untuk itu akan kita gantikan dengan perda baru dan raperda sudah diajukan ke legislatif," kata Eddy Supriyadi, Rabu (13/2/2019).

Ia menuturkan, Perda penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan pemkab Basel tidak relevan lagi akibat adanya perubahan undang-undang Nomor 23  Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

UU Nomor 23 Tahun 2014  dikeluarkan untuk menggantikan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan keadaan, ketatanegaraan. dan tuntutan pernyelenggaraan pemerintahan daerah.

"Salah satu perubahan pada kewenangan pendidikan, yang mana pendidikan sekolah menengah atas (SMA) menjadi kewenangan pemerintah Provinsi bukan Kabupaten lagi," tutur Eddy.

Atas perubahan aturan perundang-undangan tersebut, Eddy mengatakan, Perda penyelenggaran dan pengelolaan pendidikan Pemkab Basel yang lama tak lagi s



1   2