Petani dan Penyuluh di Pulau Besar Belajar Pengelolaan Sawah

Tim_Wow    •    Rabu, 13 Februari 2019 | 22:22 WIB
Lokal
Petani sedang mengisi buku peserta Bimtek. (As/WowBabel)
Petani sedang mengisi buku peserta Bimtek. (As/WowBabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Ratusan petani dan tenaga penyuluh di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengikuti bimbingan teknis tentang pengelolaan sawah, bertempat di areal sawah percontohan Kecamatan Pulau Besar, Bangka Selatan, Rabu (13/02/2019). 

Bimbingan teknis atau Bimtek tersebut diberikan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Bimtek yang dihadiri sebanyak 135 orang terdiri 85 orang petani dan 50 tenaga penyuluh tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas tenaga penyuluh pertanian dan petani yang ada di daerah setempat. 

"Kegiatan bimtek ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan keterampilan para petani mengelola sawah sehingga hasil optimal dan penyuluh dapat memberikan pendampingan terbaik kepada petani," ujar Kepala BPTP Babel, Wahyu Wibawa. 

Ditambahkan Kepala Seksi Kerja BPTP Bangka Belitung, Dr Suharyanto, kegiatan yang dikuti para petani dan penyuluh yang ada di Bangka Selatan diharapkan dapat meningkatkan pemahan mereka dalam mengelola persawahan sehingga  peningkatan produksi dapat tercapai. 
Dengan produksi meningkat diharapkan kesejahteraan para petani ikut meningkat. 

Selain itu, Ia menambahkan, Bimtek akan terus mereka galakan seiring lahan sawah cetakan baru di Kabupaten Basel terus meningkat dan  belum digarap maksimal. 

"Sampai saat ini banyak lahan sawah cetakan baru yang ada di Bangka Selatan, untuk itu diha



1   2