Eko Wijaya, Anggota DPR RI Bawa 550 Unit PJU-TS ke Babel

ADVERTORIAL    •    Kamis, 14 Februari 2019 | 17:59 WIB
Lokal
Pengguntingan pita peresmian PJU-TS di Bangka Selatan. (WowBabel)
Pengguntingan pita peresmian PJU-TS di Bangka Selatan. (WowBabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Pemerintah Pusat melalui Badan Geologi Kementerian ESDM bangun 550 unit lampu penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Pembangunan terlaksana atas inisiasi anggota komisi VII DPR RI asal Babel, Eko Wijaya. 

"Pada tahun 2018 atas inisiasi Anggota Komisi VII DPR-RI Dapil Bangka Belitung telah dibangun 550 Unit PJU-TS yang tersebar pada 5 Kabupaten dengan wilayah yang luas menyebabkan terkendalanya pasokan listrik," kata Direktur Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi Badan Geologi Kementerian ESDM, Dra. Soerjaningsih kepada wartawan saat melakukan penyerahan sumur bor air bersih dan PJU- TS di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (14/2/2019).

Ia menyampaikan, pembangunan tersebar di lima kabupaten yang ada di Provinsi Kepulauan Babel, dengan rincian Bangka 250 unit, Pangkalpinang 50 unit, Bangka Tengah 150 unit, Bangka Barat 50 unit, dan Bangka Selatan 50 unit. 

" PJU-TS adalah lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya, sehingga menjadi solusi untuk digunakan di jalan-jalan pada daerah yang belum terjangkau listrik PLN maupun pada daerah-daerah yang telah terlistriki PLN, namun ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya," tuturnya. 

Ia menambahkan, pemerintah pusat terus merencanakan pembangunan lampu penerangan jalan umum tenaga surya.

"Saat ini PJU-TS yang direncanakan se



1   2