Rencana Pembangunan CPO Desa Bedengung Terancam Batal

Tim_Wow    •    Kamis, 14 Februari 2019 | 13:37 WIB
Lokal
Rizal, Sekretaris DPPP Bangka Selatan. (As/WowBabel)
Rizal, Sekretaris DPPP Bangka Selatan. (As/WowBabel)

PAYUNG, www.wowbabel.com - Rencana Pembangunan pengolahan minyak kelapa sawit mentah Crude Parm Oil (CPO) di Desa Bedengung, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung( Babel) terancam batal, lantaran lokasi pembangunan diduga tumpang tindih perizinan. 

Hal ini dibenarkan Dinas Pertanian Pangan Dan Perikanan (DPPP) Kabupaten Bangka Selatan. 

Menurut sekretaris Dinas DPPP Basel, Rizal bahwa, saat ini ada salah satu perusahaan yang masih mengantongi Izin aktif dilokasi rencana pembangunan Pabrik CPO di Desa Bedengung yakni PT. Bangka Plasma Besaoh. 

"Sampai saat ini izin milik PT. Bangka Plasma Besaoh dilokasi tersebut masih aktif, jadi untuk sementara waktu ini kita belum mengeluarkan izin rekomendasi karena kalau kita keluarkan rekomendasinya akan terjadi tumpang tindih perizinan, itu kan tidak boleh," kata Rizal, Kamis (14/02/2019).

Untuk itu Rizal menegaskan, pemerintah belum bisa mengeluarkan surat izin rekomendasi kepada pihak perusahaan yang berencana membangun pabrik CPO tersebut, jika dikeluarkan, Rizal mengatakan pihak PT. Plasma selaku pemegang sah dapat menggungat pemerintah ke jalur hukum. 

"Kalau dipaksakan dikeluarkan surat izin rekomendasi, pasti akan bermasalah karena pihak yang mengantongi izin yang masih aktif tersebut akan menggugat kami nantinya," ujarnya.

Ia menyampaikan, DPPP Basel mendukung apapun bentuk investasi terutama di bidang pertanian,pangan dan



1   2