[OPINI] Hujan Semalam, Banjir Berulang Hari

Jurnalis_Warga    •    Jumat, 08 Maret 2019 | 17:50 WIB
Opini
Oktav Mayang Rencie, S.T
Oktav Mayang Rencie, S.T

BEBERAPA hari ini kita dihadapkan kembali dengan persoalan air yang meluap dan seperti mengamuk memporak-porandakan sarana umum yang dilalui. Di beberapa tempat di Kepulauan Bangka Belitung (Babel), terlihat ramai visual berupa gambar dan video yang diunggah ke media sosial oleh masyarakat di sekitar lokasi banjir berlangsung.

Demikian halnya media cetak lokal, menyajikan informasi bagi publik akan kejadian demi kejadian titik banjir merendam beberapa tempat, baik pemukiman, sekolah dan hancurnya fasilitas, akses jalan dan jembatan. Hujan dengan durasi semalam yang terjadi merata dihampir seluruh wilayah Kepulauan Babel pada tanggal 27-28 Februari 2019, ternyata menyisakan permasalahan bagi masyarakat terdampak pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Bangka, atau Propinsi Kepulauan Bangka Belitung secara luas.

Banjir merupakan peristiwa alam yang sering kali terjadi. Penyebab banjir tidak semata-mata dikarenakan oleh hujan dengan durasi waktu yang panjang, meningginya permukaan air laut secara tiba-tiba juga dapat mengakibatkan banjir, bahkan pasang air laut diwaktu peristiwa hujan sedang berlangsung bisa mengakibatkan banjir. Hal ini disebabkan masuknya air laut pada wilayah daratan menahan laju air permukaan yang disebabkan oleh hujan untuk menuju wilayah terendah.

Kondisi ketidakseimbangan yang menggambarkan realita hujan dengan durasi waktu semalam. Akan tetapi, banjir berulang hari menggenangi beberapa desa di pulau Bangka.



1   2      3      4