Basel Bakal Terapkan Full Day School

Tim_Wow    •    Sabtu, 09 Maret 2019 | 14:34 WIB
Lokal
ilustrasi.(net)
ilustrasi.(net)

TOBOALI,www.wowbabel.com --  Waktu belajar sekolah di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) akan diperpanjang menjadi satu hari penuh, sementara hari sekolah akan dikurangi menjadi lima hari dalam seminggu. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Basel, Eddy Supriadi.

Eddy mengatakan, rencana penambahan jam belajar atau full day school guna menyeragamkan hari dan jam kerja Pemkab Basel lima hari dalam seminggu.

"Penambahan jam belajar masih kita kaji kalau memang memungkinkan  full day school akan kita terapkan," ujar Eddy Supriadi, Sabtu (9/4/2019).

Eddy menuturkan, sistem belajar mengajar dengan full day school adalah jam belajar siswa diperpanjang  atau seharian penuh di sekolah. Sementara, hari sekolah akan dikurangi menjadi lima hari dalam seminggu, dari Senin hingga Jumat.

Namun Eddy menuturkan, penerapan full day school perlu dikaji mendalam. Banyak aspek yang perlu dipertimbangkan agar sistem full day school dapat berjalan optimal.

"Banyak aspek yang harus dipertimbangkan mulai psikis, energi siswa, tenaga pengajar, dan yang terpenting sarana prasarana sekolah, lingkungan sekolah harus memiliki suasana yang menyenangkan," kata Eddy.

Menurut Eddy, penerapan sistem belajar mengajar dengan full day school terdapat positif dan negatif. Positifnya kata Eddy, dua aspek pendidikan bagi siswa pendidikan yakni, pengetahuan umum dan pendidikan karakter terpenuhi.

Hal tersebut, lanjut Ed



1   2