Rekam Jejak Daftar Pemilih Pindah di Basel Tidak Terdata

Tim_Wow    •    Rabu, 13 Maret 2019 | 22:45 WIB
Lokal
KPU Basel melakukan penyortiran Sampul Surat Suara. (as/wowbabel)
KPU Basel melakukan penyortiran Sampul Surat Suara. (as/wowbabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), masih melakukan pendataan terhadap pemilih pindah di Kabupaten setempat untuk dimasukan ke daftar pemilih tambahan (DPTb) sebelum diplenokan pada 17 Maret 2019 mendatang. 

Ketua KPU Bangka Selatan, Amri mengatakan, sementara ini pihaknya mencatat ada sebanyak 191 pemilih pindahan yang masuk ke Bangka Selatan, dan sebanyak 315 pemilih pindahan yang keluar dari Kabupaten Bangka Selatan. 

"Sementara kami mencatat ada sebanyak 191 pemilih pindah masuk ke Basel dan 315 pemilih keluar dari Basel ," ujar Amri, Rabu (13/3/2019).

Hanya saja rekam jejak pemilih pindahan, baik masuk dan keluar tersebut tidak terdata oleh KPU. Hal itu ketika disinggung darimana saja pemilih pindahan yang masuk ke Bangka Selatan dan kemana saja pempilih pindahan yang keluar Bangka Selatan, dan KPU mengaku tidak memiliki data rincian tersebut. 

"Kalau data detail asal usul masuk darimana saja dan keluar kemana saja tidak ada," kata Amri. 

Namun, Amri menuturkan, pemilih pindah yang masuk ke Basel ada antar kecamatan, kabupaten, dan antar Provinsi, demikian dengan pemilih pindah keluar Bangka Selatan. 

"Kalau pemilih yang pindah keluar Basel dominannya mahasiswa, tapi kemana saja pindah tidak terdata," ucap Amri yang didampingi bagian pengolahan data. 

Ia menjelaskan, dimaksud daftar pemilih pindahan adalah pemilih yang sudah



1   2