Capres #01 Jokowi: Modal Saya Hanyalah Kepercayaan

Tim_Wow    •    Senin, 25 Maret 2019 | 16:22 WIB
Nasional
Capres 01, Jokowi memperagakan cara mencoblos Surat Suara dihadapan masyarakat Banyuwangi. (*)
Capres 01, Jokowi memperagakan cara mencoblos Surat Suara dihadapan masyarakat Banyuwangi. (*)

BANYUWANGI, www.wowbabel.com - Jokowi... Jokowi... Jokowi... tak henti-hentinya teriakan nama itu disebut oleh warga menyambut kedatangan Capres #01 Jokowi di acara Ngobrol Inspiratif di Gesibu Blambangan, Banyuwangi pada Senin, 24 Maret 2019.

Modal yang dimiliki Jokowi menjadi pengusaha yang berhasil hanyalah modal kepercayaan, tidak lebih dari itu. Pesan ini disampaikannya untuk memberi semangat kepada anak-anak muda yang ada di hadapannya.

“Anak muda sering mengeluhkan kesulitan modal untuk berusaha. Modal yang saya miliki adalah kepercayaan,” kata Jokowi.

Memulai dunia usaha, baginya merupakan sesuatu yang baru setelah bekerja di Aceh selama 2,5 tahun. Tahun pertama, ia menjual produk furnitur di tingkat lokal. Tahun kedua, ia berhasil menguasai pasar nasional. Baru pada tahun ketiga, usahanya mulai memasuki pasar ekspor.

“Ekspor pun dalam 3 bulan baru satu kontainer,” ucapnya mengenang ekspor perdananya. 

Tapi Jokowi tidak pernah menyerah, di tahun berikutnya, ia mengikuti pameran di Singpura. Di sinilah loncatan usahanya terjadi. 

“Satu bulan 18 kontainer. Saya bingung, tapi saya terima dulu,” tuturnya.

Setelah selesai mengikuti pameran, ia pun pulang ke Solo. Senang bercampur bingung karena selama ini tidak pernah mengirim produk furnitur ke luar negeri sebanyak itu, “Satu bulan hanya sepertiga kontainer,” ucap Jokowi.

Tapi Jokowi kembali menunjukkan artinya kepercayaan, order 18 kontaine



1   2      3