Ada 4.906 Surat Suara Rusak di KPU Pangkalpinang

HendriDede    •    Sabtu, 30 Maret 2019 | 00:00 WIB
Pilkada
Pelipatan dan pernyortiran surat suara di KPU Kota Pangkalpinang.(hen/wb)
Pelipatan dan pernyortiran surat suara di KPU Kota Pangkalpinang.(hen/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang melakukan penyortiran dan pelipatan Surat Suara Pemilu 2019. Dari hasil penyortiran terdapat 4.906 surat suara yang rusak.

Ketua KPU Pangkalpinang, Penti mengatakan dari hasil penyortiran dan pelipatan surat suara, terdapat 4.906 lembar surat suara yang mengalami kerusakan. Jumlah tersebut belum dengan surat suara presiden/wakil presiden dan DPD.

"Kebanyakan surat suara yang rusak ditemukannya tinta hitam yang menyebar ke seluruh caleg parpol. Tintanya tumpah dan lambang parpol yang menempel ke parpol yang lain, kemudian ada yang robek," jelas Penti, Jumat (29/3/2019).

Penti menjelaskan secara rinci surat suara yang rusak dari hasil penyortiran diantaranya untuk DPR RI sebanyak 864 dan DPRD Provinsi sebanyak 3.611  lembar.

Kemudian, lanjutnya, untuk surat suara DPRD Kota Pangkalpinang dari daerah pemilihan satu sampai dengan daerah pemilihan empat yang mengalami kerusakan sebanyak 431 lembar surat suara.

Sementara untuk surat suara yang rusak, kata Penti, pihaknya akan menyampaikan ke KPU Provinsi untuk diteruskan ke KPU RI dan disampaikan kepada pihak percetakan untuk dilakukan pergantian.(hen/wb)