Diduga Ini Penyebab Kebakaran di KIP Krakatau Tin

Dwi H Putra    •    Kamis, 11 April 2019 | 16:26 WIB
Lokal
Dir Polairud Polda Babel Kombes Zainul beserta anggota didampingi pihak PT Timah Tbk ketika meninjau kapal usai mengalami kebakaran Kamis (11/4/2019) pagi.(dwi/wb)
Dir Polairud Polda Babel Kombes Zainul beserta anggota didampingi pihak PT Timah Tbk ketika meninjau kapal usai mengalami kebakaran Kamis (11/4/2019) pagi.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Kapal Isap Produksi (KIP) Krakatau Tin milik PT Timah, Kamis (11/4/2019) pagi, terbakar di kawasan Muara Air Kantung, Sungailiat.

Diduga kebakaran disebabkan adanya konsleting listrik pada mesin penggerak pengambil bijih timah. Kendati tak ada korban jiwa, namun kerugian akibat kejadian ini mencapai Rp 1 miliar.

Peristiwa kebarakaran terjadi sekitar pukul 09.45 WIB, saat kapal sedang beroperasi. Api tiba-tiba muncul dari arah mesin penggerak pengambil bijih timah.

"Kejadian itu cepat pak, awalnya mucul asap hitam, tapi mungkin ditiup angin, langsung muncul asap hitam, dan langsung muncul kobaran api. Kita langsung memadamkan api dengan APAR, tapi apinya sangat besar," kata salah seorang pekerja yang enggan menyebutkan namanya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun beberapa crew tampak mengalami luka bakar ringan terkena percikan api saat handak memadamkan api.

Kobaran api pun langsung menjalar ke atas di bagian ruang kapten kapal serta ruang control kapal hingga ludes terbakar.Sat Polair Polres Bangka yang tiba di lokasi saat api sudah bisa dipadamkan. Dir Polairud Polda Babel, Kombes Zainul langsung meninjau titik-titik kebakaran.

"Saat mendapatkan informasi, kita dari Sat Polair Polres Bangka dan Direktorat Polair Polda Babel langsung medatangi lokasi, namun saat kita tiba api sudah berhasil di padamkan. Hanya terlihat crew kapal terus menyemprotkan air di sejumlah



1   2