KIP Krakatau Tin Terbakar di Alur Air Kantung

Dwi H Putra    •    Kamis, 11 April 2019 | 11:38 WIB
Lokal
KIP Krakatau Tin yang terbakar di kawasan muara Air Kantung, Sungailiat, Kamis (11/4/2019).(dwi/wb)
KIP Krakatau Tin yang terbakar di kawasan muara Air Kantung, Sungailiat, Kamis (11/4/2019).(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com – Kapal Isap Produksi  (KIP) Krakatau Tin yang beroperasi di depan alur muara Air Kantung Sungailiat terbakar, Kamis (11/4/2019) sekitar pukul 09.00 WIB.

Peristiwa kebakaran diduga berawal dari mesin kapal, sehingga mengakibatkan asap hitam yang tebal menyelimuti kapal isap tersebut.

"Kami menerima kabar itu langsung berupaya memberikan pertolongan dengan mengerahkan beberapa kapal nelayan membantu pemadaman api," kata Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka, Ridwan di Sungailiat kepada sejumlah wartawan usai melihat langsung ke KIP Krakatau Tin.

Menurut Ridwan, KIP Krakatau Tin yang terbakar tersebut berjarak sekitar 30 mil dari alus muara sungai, sehingga lebih mudah dijangkau para nelayan untuk memberikan bantuan pemadaman dan sebagainya.

Berdasarkan pantauannya tidak ada korban jiwa, hanya ada satu orang yang mengalami luka lecet dibagian tangan ketika berusaha memadamkan api sebelum ada bantuan dari nelayan.

"Setahu saya ada satu orang yang luka lecet, yang lainnya tidak ada," imbuh Ridwan.

Sementara itu berdasarkan keterangan yang dihimpun dari nelayan sekitar, selain kapal nelayan yang memberikan bantuan pemadaman kebakaran juga ada beberapa kapal tambang memadamkan api menggunakan semprotan peralatan penambangan. (dwi/wb)