Distribusi Logistik Pemilu ‘Gerogoti’ Anggaran Rp 300 Juta

Chairul Aprizal    •    Sabtu, 13 April 2019 | 16:19 WIB
Pilkada
Ketua KPU Bangka Barat, Pardi.(rul/wb)
Ketua KPU Bangka Barat, Pardi.(rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Ketua KPU Bangka Barat Pardi mengatakan proses pendistribusian surat suara ke TPS akan dilakukan H-1 atau pada hari Selasa (16/04/2019) mendatang.

Pardi mengungkapkan sembari menunggu proses packing yang sampai hari ini masih dilakukan dan dikejar hingga besok malam ditargetkan selesai karena tinggal satu jenis surat suara yang belum dipacking.

Proses pendistribusian rencananya akan dilakukan dengan menggunakan swakelola dan melibatkan pihak ketiga.

"Kita swakelola, tetap pihak ketiga itu dilibatkan hanya dalam sewa mobil saja, mobil yang ada di masyarakat," tutur Pardi.

"Jadi mekanisme distribusi bukan hanya sewa mobil tapi juga ada jasa angkut karena kalau distribusi kita itu berjenjang," terangnya.

Lebih lanjut Pardi menerangkan dengan pendistribusian berjenjang itu ada alurnya dan diperkirakan totalnya bisa menggerogoti anggaran hingga Rp 300 juta.

"Jadi distribusi ini bukan hanya sekedar dari KPU ke PPK atau ke PPS tidak, belum selesai. Karena masih ada proses distribusi yang ditingkat bawah,” imbuh Pardi.

Pardi menegaskan pihaknya tidak akan mencontoh kabupaten lain yang menggunakan jasa PT Pos untuk pendistribusian. Lantaran masih ada keterbatasan sumber daya di tingkat desa atau kecamatan.

Pardi memastikan swakelola KPU Bangka Barat akan menyeluruh tidak setengah-setengah.

"Kalau kita seluruh, ini swakelola kita s



1   2