Tak Ada TPS Khusus di RSJ Bangka Belitung

Dwi H Putra    •    Sabtu, 13 April 2019 | 16:10 WIB
Pilkada
Kepala Seksi Pelayanan RSJ Babel, Martha Cahyadinata.(dok)
Kepala Seksi Pelayanan RSJ Babel, Martha Cahyadinata.(dok)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tidak menyediakan tempat pemungutan suara (TPS) khusus bagi pasien yang di rumah sakit tersebut.

Namun, seperti pemilihan sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka menyiapkan satu TPS yang tidak jauh dari RSJ Babel bagi masyarakat yang ada di wilayah itu.

"TPS khusus pasien tidak ada, memang setiap pemilihan baik kepala daerah atau pemilihan umum, KPU menyiapkan TPS di kawasan RSJ ini bagi masyarakat dan pegawai rumah sakit," kata Kepala Seksi Pelayanan RSJ Babel, Martha Cahyadinata di Sungailiat, Sabtu (13/4/2019).

"Kami sudah berkoordinasi dengan KPU terkait proses pencoblosan, kotak suara dibawa ke dalam ruangan yang sudah disiapkan pihak RSJ," ujarnya.

Dikatakannya dalam pelaksanaan Pemilu 2019 ini, pihak RSJ seperti hari biasa menyiapkan dua orang psikiater dan empat psikolog klinis guna memeriksa kondisi pasien sebelum menyampaikan hak pilih.

"Kami awalnya juga bingung, kok bisa pasien jiwa memilih, tapi inikan menyangkut hak azazi manusia," jelas Martha.

"Kalau bisa silakan memilih, tapi kalau tidak bisa kami masukkan ke ruangan mereka," ujarnya.

Martha menambahkan dalam pelaksanaan pencoblosan pihak hanya mendampingi tidak ikut menentukan pilihan pasien, tak hanya itu ketika pencoblosan pun ada keluarga pasien yang ikut mendampinginya.

"Hingga saat ini hanya ada 56 orang pasien,



1   2