Tidak Terima C6, Masih Bisa Nyoblos Pakai EKTP dan Suket

Firman    •    Senin, 15 April 2019 | 16:57 WIB
Lokal
Davitri, Ketua KPU Babel. (Firman/wowbabel)
Davitri, Ketua KPU Babel. (Firman/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Bangka Belitung, Davitri menyampaikan bagi  pemilih yang tidak mendapat undangan memilih watau C6, jangan merasa khawatir karena tanpa C6 para pemilih masih bisa menggunakan hak politiknya sebagai warga negara.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua KPU Bangka Belitung Davitri saat menghadiri Konfrensi pers bersama Kapolda, Dandrem, Kajati, Danlanal, Danlanud, Bawaslu, Wakil Gubernur, di ruang Konferensi pers Mapolda Babel, Senin (15/4/2019).

Para pemilih yang namanya sudah terdaftar di DPT dan telah memenuhi syarat tetap dapat memilih meskipun tak mendapat formulir C6.

"Misalnya pemilih yang sudah terdaftar dan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan dapat menggunakan hak pilihnya mulai pukul 07.00-13.00 wib," kata Davitri.

Tambah Davitri, untuk mereka yang tidak memiliki C6, juga masih tetap bisa memilih di jam tersebut, dengan menggunakan E-KTP atau surat keterangan (Suket) resmi dari Dinas Kependudukan dan catatan Sipil.

Sementara itu, bagi pemilih yang namanya tidak terdaftar dalam DPT, mereka juga masih bisa menggunakan hak suaranya dengan menunjukan E-KTP atau surat keterangan (Suket) calon pemilih tersebut.

"Jika KTP Elektronik atau Surat keterangan Dinas Dukcapil yang bersangkutan diragukan, KPPS dapat meminta kepada pemilih untuk menunjukkan Kartu Keluarga (KK) atau paspor/identitas atau pun yang lainnya dan menyertakan informasi



1   2