17 Pasien RSJ Babel Ikut Pemilu 2019

Dwi H Putra    •    Rabu, 17 April 2019 | 20:42 WIB
Lokal
Komisioner KPU Bangka menggelar konferensi pers. (Dwi HP/wowbabel)
Komisioner KPU Bangka menggelar konferensi pers. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Pihak Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bangka Belitung mendata pasien disabilitas jiwa yang dapat memilih dalam Pemilu 2019 sebanyak 17 orang dari jumlah sebanyak 25 orang pasien. 

Dikatakan Kepala Bidang Pelayanan RSJ Babel, Lili mengatakan antusias pasien disabilitas jiwa dalam menyampaikan hak pilihnya sangat tinggi terlihat dari jumlah pasien yang hadir. 

"Jumlah pasien sesuai hasil pemeriksaan kami ada 25 orang, tapi 5 sudah pulang sedangkan 3 lainnya ketika pencoblosan gelisah tinggi jadi dibatalkan ikut pemcoblosan," kata Lili di Sungailiat, Rabu (17/4/2019). 

"Kriterianya pasien yang benar-benar bisa memilih sesuai sosialisasi yang disampaikan KPU Kabupaten Bangka," ujarnya. 

Lili menjelaskan pihaknya tidak pernah mendampingi atau mengarahkan pasien untuk memilih siapa dan darimana, semua sudah diketahui pasien dari sosialisasi dan sebelum masuk ke RSJ Babel. 

Pihaknya menyayangkan KPPS terlambat datang ke ruangan yang sudah disiapkan pihak RSJ, padahal sebelumnya tiga pasien gelisah yang masuk daftar memilih sangat antusias tapi akhirnya harus dimasukkan ke ruangan khusus lagi. 

"Sebelumnya kami memang mendaftarkan sebanyak 56 orang pasien disabilitas jiwa di RSJ Babel ke KPU Kabupaten Bangka, diantaranya 51 pasien disabilitas jiwa sedangkan 5 pasien Napza. 

"Tapi setelah diverifikasi KPU Kabupaten Bangka bersama petugas RSJ, hanya ada 25 orang dan terus berkurang hingga hanya



1   2