Bawaslu Bangka Temukan Banyak TPS Kekurangan Surat Suara

Dwi H Putra    •    Rabu, 17 April 2019 | 17:33 WIB
Pilkada
Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Corry Ihsan.(dwi/wb)
Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Corry Ihsan.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka mengakui pihaknya banyak menemukan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang kekurangan surat suara pada Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Corry Ihsan mengatakan sejak pukul 10.00 WIB pihaknya sudah menerima laporan dari sejumlah petugas pengawas lapangan (PPL) sejumlah TPS seperti di Kecamatan Belinyu, Kecamatan Mendo Barat dan Kecamatan Sungailiat sudah kehabisan surat suara.

"Kekurangan surat suara itu mulai dari delapan lembar, belasan hingga 40 lembar surat suara," kata Corry Ihsan di Sungailiat, Rabu (17/4/2019).

Dijelaskannya terkait adanya temuan itu langsung dikoordinasikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka untuk segera ditindaklanjuti.

"Kami sudah sampaikan, tapi apakah disikapi atau tidak, yang pasti kami sudah sampaikan temuan itu," jelasnya.

Dikatakannya selain kekurangan surat suara, Bawaslu Kabupaten Bangka juga menemukan TPS yang menolak warga menyampaikan hak pilih menggunakan KTP-E.

"Saya langsung ke TPS itu, ternyata memang ditolak, padahal warga itu sudah mendaftar sebelum pukul 13.00 WIB," ujarnya.

"Surat suaranya masih ada, tapi kok tidak diakomodir oleh KPPS nya, malah marah-marah sama kami ketika diinformasikan aturannya seperti apa," sesal Corry.

Bawaslu Bangka sangat menyayangkan hal tersebut bisa terjadi ketika hari pencoblosan, pada semua sudah diatur dalam PKPU Nomor 9



1   2