KPU Bangka Akui TPS Kekurangan Surat Suara

Dwi H Putra    •    Rabu, 17 April 2019 | 19:17 WIB
Lokal
KPU Kabupaten Bangka menggelar konferensi pers terkait banyaknya TPS yang kekurangan surat suara. (Dwi HP/wowbabel)
KPU Kabupaten Bangka menggelar konferensi pers terkait banyaknya TPS yang kekurangan surat suara. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka mengakui banyak Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang kekurangan surat suara, kendati demikian KPU Kabupaten Bangka sudah berusaha menyelesaikan permasalahan itu dengan mengirimkan surat suara yang ada di TPS lainnya. 

Diakui Ketua KPU Kabupaten Bangka, M Hasan didampingi sejumlah komisioner ketika konferensi pers terkait hal itu mengatakan kekurangan surat suara disebabkan membludaknya pemilih yang menggunakan KTP-E. 

"Kami sudah ke lapangan, berdasarkan hasil tinjauan kekurangan disebabkan membludaknya pemilih KTP-E," kata M Hasan kepada awak media di Sungailiat, Rabu (17/4/2019).

Dikatakannya Hasan, surat suara yang disampaikan ke KPPS sudah sesuai jumlah DPT di masing-masing TPS ditambah 2 persen, sehingga tidak ada surat suara lebih dari ketentuan berdasarkan peraturan berlaku. 

Menurutnya, dengan surat suara tersebut sudah bisa melayani warga yang bakal memilih menggunakan KTP-E. 

"Ternyata jumlah itu tidak bisa menutup pemilih KTP-E, jadi sempat kisruh di beberapa TPS," jelasnya. 

"Kami sudah antisipasi pemilih KTP-E dengan mengalihkannya ke TPS terdekat, tapi karena jumlahnya membludak tidak bisa dilayani," aku Hasan. 

Ditambahkannya kendati ada TPS yang masih menyimpan surat suara, KPPS tidak berani menggunakannya disebabkan masih banyak pemilih yang masuk DPT belum menyampaikan hak pilihnya. (Dwi HP/wowbabel)