Percepat Situng, KPU Bangka Jemput C1

Dwi H Putra    •    Kamis, 18 April 2019 | 15:30 WIB
Pilkada
Tim Situng KPU Kabupaten Bangka terus mempersiapkan diri untuk melakukan proses penghitungan suara Pemilu 2019.(dok)
Tim Situng KPU Kabupaten Bangka terus mempersiapkan diri untuk melakukan proses penghitungan suara Pemilu 2019.(dok)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka menjemput C1 dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) guna mempercepat proses sistem hitung (Situng) supaya mencapai target penyampaian ke KPU Provinsi Bangka Belitung dan KPU RI.

Penjemputan C1 ke PPK dilakukan KPU Kabupaten Bangka dengan menurunkan sebanyak enam tim, terkhusus PPK yang jaraknya jauh.

"Ini sudah terlambat setengah hari, jadi kami masih punya waktu empat hari setengah lagi," kata Komisioner KPU Kabupaten Bangka Divisi Teknis Penyelenggaraan, Iman Supiar di Sungailiat, Kamis (18/4/2019).

Dikatakannya Tim Situng KPU Kabupaten Bangka akan bekerja 24 jam, supaya memenuhi target yang sudah ditetapkan berdasarkan aturan dan ketentuan.

Iman mengaku saat ini di tingkat PPS sudah hampir menyelesaikan C1 untuk disampaikan ke PPK, informasi yang didapat dari beberapa PPK pun sudah ada beberapa yang hampir rampung seperti Kecamatan Pemali, Bakam, Merawang, Sungailiat dan Puding Besar.

"Kami sadari keterlambatan pengantaran C1 ini, jika ada satu TPS yang terlambat maka berpengaruh semuanya baik PPS dan PPK," ujarnya.

"Laporan C1 ini melampirkan jumlah pemilih, surat suara sah dan tidak sah untuk semua jenis, jadi wajar saja jika PTPS, PPS serta PPK perlu waktu, supaya hitungannya tidak salah," tukas Iman. (dwi/wb)