11 Miliar untuk THR PNS, Honorer di Basel Gigit Jari

Aston    •    Jumat, 10 Mei 2019 | 20:05 WIB
Lokal
Ilustrasi
Ilustrasi

TOBOALI, www.wowbabel.com - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan telah menyiapkan anggaran kurang lebih Rp11 Miliar untuk membayar Tunjangan Hari Raya atau THR bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di Kabupaten setempat. 

"Anggaran sudah ada berasal dari Dana Aokasi Umum (DAU), tinggal menunggu petunjuk dari Kementerian Keuangan," ujar Sekretaris Badan Kuangan Daerah Pemkab Basel, Riswady, Jum'at (10/5/2019). 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 35 dan 36 Tahun 2019, kata Riswady, proses pencairan dana THR PNS paling lambat sepuluh hari jelang lebaran. 

Untuk besaran THR PNS terdiri dari komponen gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja. Namun, anggaran Rp11 Miliar diluar anggaran Tunjangan Kinerja. 

"Untuk komponen gaji pokok, tunjangan jabatan dan tunjangan umum dipersiapkn kurang lebih 11 milyar, dan sekitar 6 Miliar untuk tukin (Tunjangan kinerja--red) kalau dibayarkan," kata Riswady.

"Namun untuk pencairan tunjangan kinerja menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Dalam Negeri," terang Riswady. 

Selain PNS aktif, disampaikan Riswady,  pensiunan juga wajib menerima tunjangan hari raya atau THR, termasuk Kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati, serta seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. 

Sementara Pemerintah tidak mengalokasikan anggaran THR untuk tenaga Honorer. 

"Honor tidak ada (THR--red) karena belum ada landasa



1   2