Pemkab Basel Tetapkan Rp30 Ribu Zakat Fitrah

Aston    •    Rabu, 15 Mei 2019 | 21:24 WIB
Lokal
H Djunaidi Rasyid, Ketua  Baznas Bangka Selatan. (Astoni/wowbabel)
H Djunaidi Rasyid, Ketua Baznas Bangka Selatan. (Astoni/wowbabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), telah menetapkan besaran zakat fitrah yang harus dibayar oleh umat islam yang ada di daerah itu pada lebaran Idul Fitri 1440 H Tahun 2019. 

"Dari hasil rapat besaran zakat fitrah yang harus dibayar perorangnya sebesar Rp 30.000," kata Ketua Baznas, H Djunaidi Rasyid melalui Bendahara Basirun, Rabu (15/5/2019).

Sedangkan untuk Fidiyah atau kaum muslimin yang tidak menjalankan ibadah puasa karena terkendala beberapa hal, Pemerintah Bangka Selatan, melalui Baznas menetapkan fidiyah sebesar Rp15.000 per/hari.

Sementara untuk Zakat Mal ditetapkan sebesar 2,5 persen dari penghasilan setahun Rp43.065.000 dan untuk simpanan mas yang kenakan zakat sebesar 2,5 persen dari 85 gram. 

"Hal ini akan segera kami sampaikan kepada masyarakat dan bagi yang mau membayar bisa melalui Baznas," imbuhnya. 

Ia menambahkan, selama bulan Ramadhan ini, Baznas Bangka Selatan bersama Baznas Provinsi mengucurkan dana sebesar 900 juta untuk dibagikan kepada Mustahid yang ada di daerah itu. 

"Santunan ini didistribusikan kepada para mustahid yang ada di delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Selatan," katanya. 

Ia mengatakan masing masing mustahid akan mendapatkan santunan sebesar Rp400.000 per orang. 

Menurutnya, dana santunan itu telah dibagikan kepada Mustahid  di empat kecama



1   2