Stok Darah di PMI Pangkalpinang Menipis

Endi    •    Rabu, 15 Mei 2019 | 18:53 WIB
Lokal
Donor darah. (Dag/wowbabel)
Donor darah. (Dag/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) di Kota Pangkalpinang, mulai menipis seiring meningkatnya permintaan, sementara pendonor sukarelawan berkurang pada saat bulan suci Rhamadan seperti sekarang ini.

"Stok kita sudah mulai menurun terutama di golongan darah A dan AB yang sangat menipis dan juga golongan darah B, kalau golongan darah O masih mencukupi," kata Nopri Yondi, selaku Kabag Mutu PMI Pangkalpinang, Rabu (15/5/2019).

Dia menjelaskan, untuk saat ini golongan darah A hanya tersedia sebanyak 7 kantong, AB 10 kantong, B 35 kantong, dan O masih tersedia sebanyak 72 kantong darah.

Namun demikian, kata Yondi, stok yang ada masih cukup untuk memenuhi kebutuhan saat ini.

"Perhari rata-rata permintaan sekitar 40 kantong darah atau sekitar 1.200 kantong perbulan, sementara yang donor sukarela (bukan dari keluarga pasien) dalam satu hari terkadang tidak sampai 20 kantong," jelasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan stok, terlebih di bulan puasa seperti saat ini, PMI mengharapkan pendonor sukarelawan.

"Biasanya kalau diluar bulan puasa, kita mengadakan yang namanya mobile unit, jadi unit kita yang bergerak keinstansi-instandi yang mengundang atau donor darah diluar, namun di bulan puasa ini kita terkendala itu," terangnya. (Dag/wb)