Ini Cara Penghitungan Zakat Mal

Chairul Aprizal    •    Kamis, 16 Mei 2019 | 14:15 WIB
Lokal
Pelaksana Harian Amil BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) kabupaten Bangka Barat, Hajirin.(wb)
Pelaksana Harian Amil BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) kabupaten Bangka Barat, Hajirin.(wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- BAZNAS Kabupaten Bangka Barat akan menentukan besaran zakat fitrah tahun ini setelah diadakan rapat minggu depan.

Hal ini diungkapkan oleh Pelaksana Harian Amil BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) kabupaten Bangka Barat, Hajirin, Kamis (16/05/2019).

"Besaran zakat fitrah nanti kemungkinan minggu depan baru adakan rapat sekitar hari Kamis depan akan dirapatkan untuk zakat fitrah,” kata Hajirin.

Alasannya Kemenag Bangka Barat baru menyampaikan undangan rapat itu, namun sebenarnya upaya untuk memusyawarahkan besaran zakat sudah sejak minggu lalu.

"Sebenarnya sudah minggu lalu mau rapat tapi mungkin orang kemenag masih banyak kegiatan ya, tapi untuk yang lainnya sudah ada dari rakerda kemarin," kata Hajirin didampingi Wakil Ketau I , H.Nurzali Hamid ketika diwawancarai wartawan.

"Untuk zakat mal itu sudah dibicarakan di rakerda BAZNAS, untuk zakat mal dihitung dari simpanan emas berupa uang senilai 84 atau 85 gram karena ada dua versi terkait fiqihnya," ujarnya.

Jika diuangkan sesuai hasil survei harga emas per gram Rp 600 ribu maka tinggal dikalikan dengan dibulatkan 85 gram tersebut.

 "Kalau sudah ada simpanan sejumlah hasil itu baru dikenakan zakat mal ditotalkan kurang lebih, dibulatkan sejumlah Rp 49.281.000,”  terang Hajirin.

"Baru dikenakan zakat 2,5 persennya, zakat mal ini tahunan juga bisa dibayarkan 2,5 persennya,” imbuh Hajirin.

Hajirin menjelaskan kalau d



1   2