Dipatok Rp20,9 Miliar, Realisasi Pajak di Basel Baru Rp6 Miliar

Aston    •    Jumat, 17 Mei 2019 | 16:39 WIB
Lokal
Pemkab Basel.
Pemkab Basel.

TOBOALI, www.wowbabel.com - Realisasi penerimaan pajak periode Januari hingga Mei 2019 di Pemerintahan Kabupaten Bangka Selatan (Basel) telah mencapai Rp6 Miliar dari target Rp20,9 Miliar. 

"Tahun kemarin pajak daerah melebihi target, dari target Rp20,7 miliar, terealisasi Rp23,4 miliar. Untuk tahun ini target kita tingkatkan menjadi Rp20,9 miliar, dan baru terealisasi sampai bulan April kemarin Rp6 miliar," ujar Kabid Penerimaan Daerah Badan Keuangan Daerah Pemkab Basel,  Yoko F Ratzumury, Jum'at (17/5/2019).

Menurutnya, dalam realisasi penerimaan pajak terdapat beberapa jenis pajak yang mengalami penurunan, namun pihaknya optimis target pajak daerah mampu terealisasi.

Ia mengatakan, objek pajak yang terancam tak mencapai target seperti Pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), yang mana ditargetkan sebesar Rp3,5 miliar dan saat ini baru terealisasi sebesar Rp253 juta atau sebesar 7 persen. 

"Pesimis kalau untuk BPHTB mampu terealisasi.  Rencananya akan kita turunkan targetnya pada APBD-P nanti, dibahas bersama TAPD, Banggar di DPRD untuk masuk di Perda. Paling turun sekitar angka Rp1,5 sampai Rp2 miliar," ujarnya. 

Dikatakan Yoko, tahun ini Bakuda mengoptimalkan empat jenis pajak lainnya seperti pajak Hotel, Restoran, PPJ dan pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan. Mineral bukan logam dan batuan dan PPJ akan dinaikkan untuk menutupi BPHTB. 

"Menutupi selisih penurunan ketidaktercapaian BPHTB denga



1   2