Hasil Pemilu di Basel Ditetapkan Juli 2019

Aston    •    Senin, 27 Mei 2019 | 16:32 WIB
Pilkada
Ketua KPU Bangka Selatan, Amri.(as/wb)
Ketua KPU Bangka Selatan, Amri.(as/wb)

TOBOALI, www.wowbabel.com -- Hasil Pemilu 2019 di Kabupaten Bangka Selatan (Basel), akan ditetapkan pada bulan Juli mendatang. Hal itu sebagaimana disampaikan Ketua KPU  Kabupaten Bangka Selatan, Amri.

"Tahapan penetapan  dijadwalkan pada bulan Juli mendatang, hal itu sebagaimana surat edaran KPU RI," kata Amri, Senin (27/5/2019).

Amri  menyampaikan, penetapan hasil pemilu DPRD Provinsi dan Kabupaten/kota berdasarkan surat edaran KPU RI perihal penetapan kursi dan calon terpilih tanpa perselisihan hasil Pemilu yang diterbitkan pada 24 Mei 2019.

"Dalam surat Edaran KPU RI menginstruksikan jadwal penetapan calon anggota terpilih DPRD Provinsi dan Kabupaten/kota yang tidak terdapat persilihan hasil pemilu dilakukan tiga hari setelah Mahkamah Konstitusi mencantumkan permohonan perselisihan hasil Pemilu dalam buku registrasi perkara konstitusi  (BRPK)," ujar Amri

Dijelaskan Amri,  sesuai dengan ketentuan peraturan MK Nomor 2 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas peraturan MK Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Tahapan, Kegiatan, dan Jadwal Penanganan Perkara Perselisihan Hasil Pemilu Umum menyebutkan bahwa, pencatatan permohonan pemohon dalam BRPK dalam perselisihan hasil Pemilu DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dilakukan pada tanggal 1 Juli 2019.

"Maka dari itu hasil pemilihan DPRD Basel kemungkinan kita jadwalkan pada 4 Juli 2019," imbuhnya.

Ia menambahkan, Mahkamah Konstitusi akan



1   2