Sistem Pendidikan di Indonesia

Jurnalis_Warga    •    Jumat, 07 Juni 2019 | 11:17 WIB
Opini
ilustrasi
ilustrasi

PENDIDIKAN merupakan salah satu hal penting bagi kehidupan sesorang, buka hanya itu pendidikan juga berperan besar dalam kemajuan dan perkembangan sebuah bangsa. Dengan adanya pendidikan yang baik pastinya bangsa tersebut akan melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas sehingga kondisi bangsa akan menjadi lebih baik seiring dengan berjalannya waktu. Bukan hanya itu saja, pendidikan juga penting bagi masyarakat terutama bagi para orang tua dan anak-anak.

Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini masih tergolong rendah salah satu penyebabnya adalah kurikulum yang hanya berdasarkan pengetahuan pemerintah. Kurikulum dibuat di Jakarta dan tidak memperhatikan kondisi masyarakat di daerah-daerah terpencil. Seharusnya pemerintah sebelum menerapkan kurikulum tersebut memperhatikan terlebih dahulu kondisi masyarakat di daerah terpencil, apakah cocok atau tidak jika kurikulum tersebut diterapkan.

Mengapa pendidikan di Indonesia dikatakan masih tergolong rendah? Karena sistem pendidikan di Indonesia hanya menjadikan siswa sebagai objek sehingga lulusan yang dihasilkan dari sistem ini adalah manusia yang hanya siap memenuhi kebutuhan zaman bukannya bersikap kritis terhadap zamannya. Para pelajar yang lulus hanya pintar mencari kerja dan belum bisa menciptakan lapangan kerja sendiri, hanya sebagian kecil lulusan yang bisa menciptakan lapangan kerja sendiri.

Pendidikan di Indonesia juga masih mengenal sistem ranking, sehingga membuat siswa



1   2      3