Digugat Demokrat, KPU Basel Siap Hadapi Sidang MK

Aston    •    Selasa, 11 Juni 2019 | 11:40 WIB
Pilkada
Ketua KPU Bangka Selatan, Amri.(as/wb)
Ketua KPU Bangka Selatan, Amri.(as/wb)

TOBOALI,www.wowbabel.com -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan, Amri mengatakan pihaknya siap menghadapi gugatan Partai Demokrat ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan DPRD Kabupaten Bangka Selatan 17 April 2019 lalu.

"Kami akan menyiapkan jawaban saat sidang MK nanti atas gugatan yang dilayangkan pemohon," kata Amri, Senin (10/6/2019).

Ia mengatakan, pemohon yang melayangkan gugatan PHPU ke Mahkamah Konstitusi, yakni atas nama Caleg Sopli S.IP dari Partai Demokrat daerah pemilihan (dapil) 4 Bangka Selatan.

Namun, Amri menuturkan, gugatan yang dilayangkan caleg Partai Demokrat tersebut baru tahapan pendaftaran.

"Baru tahap pendaftaran, pemohon melayangkan pendaftaran gugatan pada tanggal 27 Mei 2019 dan hasil perbaikan keluar pada tanggal 31 Mei 2019," ungkapnya.

Baca Juga: Merasa Dicurangi, Caleg Demokrat Gugat Hasil Pemilu 2019

Gugatan pemohon bisa saja batal jika persyaratan administrasi dianggap tidak memenuhi syarat. Berkas pendaftaran gugatan PHPU pemohon baru akan diregister oleh Mahkamah Konstitusi pada 1 Juli 2019 mendatang.

"Pendaftaran gugatan pemohon diterima atau tidak ditentukan 1 Juli 2019, kalau diterima maka akan diregister oleg MK jika tidak sebaliknya," terangnya.

Kendati administrasi gugatan



1   2