Eko Wijaya Minta MK Batalkan Kemenangan Nasdem di Babel

Firman    •    Kamis, 13 Juni 2019 | 16:13 WIB
Pilkada
Tangkapan layar berkas laporan Partai Demokrat ke MK. (*)
Tangkapan layar berkas laporan Partai Demokrat ke MK. (*)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Eko Wijaya, Calon Anggota DPR RI daerah Pemilihan Bangka Belitung (Babel) asal Partai Demokrat menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas putusan hasil perhitungan suara Pemilu Legislatif 2019.

Dari temuan Partai Demokrat dalam gugatan yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi  (MK) terdapat penggelembungan suara untuk partai Nasdem sebesar 27.000 suara.

“Bahwa perolehan suara pemohoan yang benar untuk pengisian keanggotaan DPR,  DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota di beberapa daerah pemilihan adalah Provinsi Bangka Belitung dengan Pemohon Eko Wijaya Nomor urut 1, perolehan suara  digelembungkan sebesar 27.000 suara oleh partai Nasdem,” demikian  isi pokok permohonan Eko Wijaya melalui tim Advokasi DPP Partai Demokrat dalam berkas gugatan yang disampaikan ke MK.

Dalam Pokok-pokok Permohonan, Eko melalui tim hukum DPP Partai Demokrat menyatakan bahwa perolehan suara pemohon yang benar untuk pengisian keanggotaan DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota di beberapa daerah pemilihan secara umum terdapat dua jenis selisih pencatatan yang ditemukan, yakni selisih terkait pencatatan pengguna Hak Pilih Tambahan (DPTbs) dan selisih terkait Data Pengguna hak pilih Khusus (DPK). 

Dalam berkas permohonan diuraikan terdapat temuan perbedaan data pengguna hak pilih pemiih tambahan (DPTb) dan  temuan perbedaan data pengguna hak piklih khusus (DPK) TPS tersebar di Kabupa



1   2      3