Samsul Bahri Laporkan Panitia Pemilihan BPD Desa Batu Betumpang.

Aston    •    Kamis, 13 Juni 2019 | 13:35 WIB
Lokal
Sekretaris Komisi I DPRD Basel, Samsir (dok)
Sekretaris Komisi I DPRD Basel, Samsir (dok)

TOBOALI,www.wowbabel.com -- Samsul Bahri bakal calon (Balon) Pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Daerah (BPD) Desa Batu Betumpang, Kecamatan Pulau Besar, Bangka Selatan melaporkan panitia pemilihan anggota BPD Desa setempat ke DPRD Bangka Selatan.

Samsul Bahri merasa dirugikan oleh panitia dengan aturan tata tertib yang dibuat panitia. Hal itu sebagaimana disampaikan Komisi 1 DPRD Bangka Selatan yang menerima pengaduan dari Samsul Bahri bakal calon peserta pemilihan anggota BPD Batu Betumpang Kecamatan Pulau Besar.

Samsir mengatakan, pengaduan Samsul Bahri disertai bukti penyimpangan draf tata tertib yang dibuat oleh Panitia Pemilihan BPD Batu Betumpang. Tata tertib peserta pemilihan yang dibuat panitia dinilai Samsul menyimpang dari Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2018, dan Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 Tentang BPD.

"Ada beberapa penyimpangan yang dilaporkan oleh Samsul Bahri yang dilakukan oleh panitia pemilihan BPD batu Betumpang berdasarkan tata tertib yang dibuat oleh panitia pemilihan BPD Desa Batu Betumpang," ujar Sekretaris Komisi I DPRD Basel, Samsir, Kamis (13/6/2019).

Dijelaskan Samsir tata tertib yang dibuat oleh panitia diantaranya, kuota keterwakilan perempuan sebanyak 2 orang, padahal aturan menyebutkam cukup 1 orang keterwakilan perempuan.

"Seharusnya hanya satu orang berdasarkan pasal 6 ayat 1 ( satu ) bahwa pengisian anggota BPD berdasarkan keterwakilan Perempuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 4 huruf



1   2      3